Rabu, 31 Juli 2019

Kenapa harus Vaksin Flu?


"Mah, bulan ini ada jadwal vaksin gak neh si dede? ",

Coba aku check dulu Pah di buku imunisasi, ogh iya ada ternyata Pah, Vaksin Flu, tapi aku ragu neh ikutin apa ngak usah yach? Nanti aku pikir pikir dulu deh Pah.
Galau banget mau Vaksin Flu apa ngak nya karena kan salah satu Vaksin yang tidak wajib, di tengah kegalauan pas banget Mama Ani diundang event bersaman teman dari The Urban Mama yang berlokasi di Kembang Kencur Pejaten pada tanggal 27 Juli 2019, temanya Back To School  yang membahas topik tentang Vaksin Flu.




Acara ini dihadiri oleh Nara sumber dr Atilla Dewanti Sp.A(k), beliau dr spesialis anak dari Rs swasta di Jakarta Selatan.
Kenapa seh harus Vaksin Flu? Jadi Influenza atau Flu adalah penyakit pernafasan menular yang disebabkan oleh Virus Influenza yang menginfeksi hidung, tenggorokan dan paru paru.
Penyakit Influenza sering dianggap ringan, ternyata beresiko tinggi bagi anak anak.


dr Atilla Sp.A (k)


Jadwal imunisasi





Usia berapa yang beresiko tinggi terkena virus ini? Anak anak dibawah 5 tahun karena bisa menyebabkan komplikasi seperti :
  • -          sinus
  • -      infeksi telinga 
  • -          pneumonia dan
  • -          bronchitis
Kasian sekali kalau sampai terkena, anak anak rentan terkena karena daya tahan  imun nya yang masih  belum terbentuk sempurna, dan beberapa masalah kesehatan yang diketahui membuat anak anak lebih rentan terhadap flu termasuk :
- asma 
-diabetes
-gangguan otak dan sistem saraf

Apalagi anak anak kan setiap hari rutinitas nya di sekolah, tempat ini bisa menjadi sarana penularan ditambah  bila kondisi dan lingkungan sekolah yang kurang bersih.
Walaupun terlihat sepele ketika anak anak terkena Flu, ternyata komplikasi nya bisa menyebabkan kematian, dugh seram banget, selama ini Mama Ani pun menganggap Flu itu hal biasa, sekarang jadi lebih aware lagi.

Di Amerika, Flu resiko nya tinggi ke anak anak, menurut CDC ( Centers For Disease Control dan Prevention) memperkirakan bahwa 7.000-26.000 anak anak dibawah 5 tahun di rawat di Rumah Sakit setiap tahunnya karena Influenza.

Orang yang terkontaminasi Virus Influenza dapat menularkan virus tersebut ke orang lain di sekitarnya dalam waktu 1 hari menjelang terkena Flu sampai dengan 5-7 hari setelahnya.

Penyebarannya melalui :
percikan ludah akibat kontak langsung yang terkena Flu melalui bersin, ataupun menyentuh sesuatu benda yang telah terkontaminasi Virus Flu kemudian menyentuh mulut, mata maupun hidung,  jadi ketularan flu juga akhirnya.

Apa seh tanda tanda anak terkena Flu :
  • -          Demana tinggi dengan suhu 39,4 C - 40.5 C
  • -          Nyeri badan
  • -          Sakit Kepala
  • -          Sakit tenggorokan
  • -          Batuk semakin parah.
  • -          Merasa kelelahan
  • -          Pilek dan hidung tersumbat. 

Jadi bagaimana yach melindungi anak anak dari Virus Flu ini? karena walaupun sudah dijaga 1 x 24 jam tetap saja bisa tertular, apalagi sudah masuk sekolah dan cuaca yang tidak menentu juga dengan cara : 
1. Disuntik Vaksin Flu yang diulang setiap tahunnya,
2. Jadi  agar selalu sehat penting banget menjaga kebersihan, sering  mencuci tangan memakai sabun serta batasi kontak dengan orang yang sedang terkena Virus Influenza.
 Jika tidak ada sabun dan air bisa diganti dengan antiseptic yang berbasis alcohol sehingga tangan jadi selalu bersih dan bebas kuman.

Sering kali kita lupa saat pengulangannya, biar inget ada neh tips dari Mba Maya Septha sebagai bintang tamu di acara ini : vaksin nya ketika mau masuk sekolah , kalau  saya biar gak lupa  vaksin nya  pada saat  mau ulang tahun. ( bebas saja yang penting 1 tahun sekali ).




Vaksin Flu di rekomendasikan  untuk semua orang berusia 6 bulan ke atas dan diulang  setiap tahun. Ogh iya Mama & Papa jangan khawatir karena Vaksin Flu sudah aman dan halal, dibuat menggunakan langkah-langkah keamanan dan produksi yang ketat.
Sudah jutaan orang telah aman menerima Vaksin Flu selama beberapa dekade ini.
Vaksin Flu  strain  4 yang lebih lengkap, memberikan proteksi yang maksimal


Jadi apa yach manfaat Vaksin Flu:
Perlindungan terhadap anggota keluarga, dan juga orang lain.
- Bahkan bisa mengurangi resiko terkena flu dan komplikasi yang ditimbulkannya. 
Jadi tenang kan kalau anak anak sudah di Vaksin Flu dan jangan sampai lupa untuk vaksin ulangnya, karena pernah saat mau Mid Test anakku yang sulung tidak sekolah , keluhannya seperti yang aku tulis di atas, sehingga harus istirahat di rumah, dan jadi ikut ulangan susulan, sedih banget jadinya, Mama Ani juga tidak bisa masuk kantor, karena kakak demam dan mengeluh badan nya sakit.
Tidak mau deh hal ini terulang kembali, apalagi kalau mau  liburan sudah dipersiapkan dengan matang egh anak anak malah sakit.

Sekarang jadi semakin mantap mau memberikan Vaksin Flu, mencegah lebih baik dari mengobati, setuju gak Mama & Papa dengan pepatah ini? Kalau Mama Ani setuju banget.
Ketika sakit pasti jadi malas makan, dan kalau ada anggota keluarga sakit terutama ketika sedang Flu, Mama Ani juga menyajikan  makanan dan minuman hangat, seperti :
Sop Ayam kampung, Minuman Jahe hangat + madu, Bubur kacang hijau, dan makanan yang banyak mengandung Protein tinggi agar daya tahan tubuh semakin baik, serta tidak lupa selalu rutin untuk membersihkan AC.

Mama Ani juga membalurkan minyak telon/kayu putih/minyak tawon + bawang merah ke seluruh tubuh ketika demam/Flu. Hangatnya bisa melegakan pernafasan.
Anak anak yang mempunyai bakat alergi + asma lebih berat sakitnya ketika Flu, dan ketika sakit jangan di imunisasi dulu, jadi ketika sehat disegerakan Vaksin yang belum lengkap dan mungkin ada yang tertunda.


Untuk lebih jelas nya lagi Mama dan Papa bisa Follow IG @kenapaharusvaksin untuk mendapatkan informasi mengenai Virus Influenza dan pemberian Vaksin Flu .

#KenapaHarusVaksin
#4BetterProtection
#LawanFluDiSekolah
#TUMBloggersMeetUp


Sangat bermanfaat sekali event nya dan Mama Ani jadi mantap mau Vaksin Flu untuk anak anak, sebagai salah satu ikhtiar orang tua agar anak anak tetap sehat dan bisa beraktivitas di sekolah maupun dimanapun mereka berada.

Salam sehat selalu dan jangan lupa Vaksin Flu strain 4 di tempat langganan dokter anak, yang biasa Mama & Papa Kunjungi .





















17 komentar:

  1. Kita bertemu disini ya mom 🥰🥰 seru ya talkshow di Kembang Kencur kemarin, banyak jajanan masa kecil

    BalasHapus
  2. wah makasih moms infonyaa bermanfaat sekali

    BalasHapus
  3. eh ada foto aku disini hehe.
    ilmunya bermanfaat banget ya mom acara kemarin

    BalasHapus
  4. Untung kemarin Kita hadir ya mom, jadi tambah ilmu buat kesehatan Anak anak

    BalasHapus
  5. Wah jadi nambah ilmu tentang vaksin. Aku baru tahu kalau ada vaksin flu. Haha.

    BalasHapus
  6. Ternyata ada ya vaksinnya untuk Flu.
    Artikelnya informatif neh jadi tahu saya kalau ada vaksin seperti ini.

    Meski saya pun belum paham seh sama vaksin, sempat ada pro dan kontra perihal masalah vaksin.

    Yang pasti sebelum berniat untuk memberikan vaksin ke anak. Alangkah baiknya cari tahu terlebih dahulu.

    Salam,
    Ratna

    BalasHapus
  7. Nah bener bgt nih Mom.. aku pun antisipasi anak2 supaya ga sering kena sakit flu ya pake vaksin flu. Alhamdulillah selalu rutin vaksin. Mumpung dibayarin kantor.. hehehe...

    BalasHapus
  8. Kegiatan positif tersebut harus dilakukan secara rutin dan berkala, juga di daerah-daerah biar manfaats terasanya.

    BalasHapus
  9. Memang perlu banget nih vaksin flu, karena flu dapat menyerang kapan saja, tentunya sangat mengganggu konsntrasi belajar pada anak.

    BalasHapus
  10. Kalau untuk saya vaksin flu manfaat banget buat anak2 untuk melindungi anak2 dari tertular oleh temennya kadang kita udah jaga2 pas main temennya sakit ketularan deh

    BalasHapus
  11. Kadang sih masih ada yang kurang tahu bahwa menghindari dari flu bisa di vaksin. Semoga bisa jadi artikel bermanfaat buat pembaca

    BalasHapus
  12. Memang anak di bawah umur 5 tahun rentan sekali yang namanya flu batuk pilek..
    Dengan ada nya vaksin flu bisa meminimalisir sakit yang lebih parah lagi ya Bun..

    BalasHapus
  13. Lengkap sekali informasi tentang vaksin flu. Memang penting vaksin flu terutama untuk anak sekolah

    BalasHapus
  14. Lucu juga ya acaranya, tp vaksin flu emang bisa berguna deh, mencegh lebih baik daripada mengobati..

    BalasHapus
  15. Vaksin sangat penting untuk kekebalan, mencegah lebih baik dari pada pengobatan

    BalasHapus
  16. Ternyata efek dari yang yang terkena flu juga sangat membahayakan orang di sekitarnya ya...wajib jaga diri juga dengan vacsin

    BalasHapus
  17. Kasihan sekali memang kalau anak sampai kena flu. Jadi memang perlu ya vaksin flu ini, buat mencegah biar anak gak kena flu.

    BalasHapus

Junior Musical Wonderland The Chocolate Factory 2023

  Saatnya anak-anak kembali ke sekolah, seperti biasa mama Ani dengan rutinitas sehari-hari membuat bekal dan mengantarkan anak-anak ke se...