Senin, 30 Desember 2019

Bebas dari Nyeri Tulang Belakang


Pegel banget yach ini badan, terutama di bagian belakang punggung ke bawah, di gerak gerakan makin sakit, rebahan dulu lagh kalau begitu,
Kenapa yach badan ku, feeling aku seh ini karena kerja di depan komputer berjam jam , memang menjelang akhir tahun ini dateline kerjaan di kantor menumpuk.
Karena penasaran nyeri di tulang belakang ini mama Ani browsing browsing walah gejala nya mirip banget yang aku rasakan, biasa terjadi di usia 30-40 tahun yang dikenal juga low back pain ( nyeri punggung bawah), sakit ini berhubungan dengan saraf, tulang belakang dan sumsum tulang belakang yang berhubungan ligamen ( jaringan ikat).

Pas banget teman aku, mak Sumiyati mengajak aku ke acara hari ini Blogger & Vlogger Gathering yang lokasinya gak jauh dari rumah ku, aku langsung mengiyakan ajakan beliau yang berlokasi di : Rs Premier Jatinegara di lobby Polikliniknya dengan narasumber dr. Wismaji Sadewo, Sp.Bs (k)
29 Desember 2019 pukul 16.00 - 17.30 yang akan membahas tentang nyeri tulang belakang.

Seminar nyeri tulang belakang

dr. Wismaji merupakan salah satu dr. spesialis yang praktek di rumah sakit ini, menjelaskan bahwa nyeri tulang belakang, bisa sekali di derita oleh wanita maupun pria, walau lebih banyak wanita yang terserang penyakit ini, wah sedih banget yach, hal ini bisa karena faktor kebiasaan sehari hari yang salah maupun karena hormon, stress dan lain lain, dengan gejala nya: nyeri di leher menjalar ke pinggang.
Hal hal yang bisa membuat nyeri tulang punggung diantaranya:
1. Mengangkat benda dengan posisi yang salah
1. Memakai sepatu hak tinggi
2. Membawa beban / tas yang terlalu berat
3. Gerakan berulang ulang yang mengagetkan
4. Berolah raga tanpa pemanasan.
Keadaan nyeri semakin parah kalau sudah ada bawaan nya dari cedera yang diderita maupun karena ada penyakit lainnya seperti tumor, 
kanker maupun pernah terjadi cedera. 

dr. Wismaji Sadewo, Sp.Bs (k)

Salah satu yang bisa di akomodasi dan di setujui di ilmu kedokteran dengan osteopathy, shiatsu, tusuk jarum/acupunture dll,  bisa juga dengan melakukan olah raga seperti yoga karena yoga bisa merelakasi tubuh dan pikiran agar semakin relax dan sehat, perlu banget aku terapkan, jadi gak malas lagi untuk memulai olah raga demi terhindar dari nyeri tulang belakang.

Aku sempat kaget juga, ternyata botox pun bisa dijadikan salah satu terapinya, aku kira botox hanya untuk kecantikan saja, maklum lagh yach wanita, kan senang banget dengan hal hal kecantikan  jadi botox  ini merupakan salah satu dari beberapa penanganan untuk nyeri tulang belakang, pemberian pain killer juga bisa dilakukan, karena setiap orang mempunyai batas ambang untuk menahan sakit, memang nyeri tulang belakang ini tidak mengancam jiwa tetapi sakitnya bisa mengganggu aktivitas, oleh karena itu sangat disarankan agar segera menghubungi dokter jika sakitnya di skala 4 dan sampai penurunan berat badan secara drastis bahkan ada pasien karena nyeri tulang belakang ini sampai tidak bisa tidur, sangat tidak baik jadinya untuk kesehatan.

doc. Pribadi dr Wismaji

doc. Pribadi dr Wismaji

doc. Pribadi dr Wismaji

Jadi agar meminimalisir terjadinya nyeri tulang belakang, kita pun berusaha hidup sehat dan memperbaiki pola hidup yang salah selama ini yaitu dengan cara :
- berhenti merokok
- menjaga berat badan yang baik
- latihan perut
- sikap duduk yang baik, tidak boleh bungkuk
- berjalan dengan posisi tubuh yang baik juga.

Sebagai orang Indonesia pasti gemar sekali minum jamu atau ramuan tradisional, nah hal ini tidak dilarang, tapi menurut dr Wismaji lebih baik di racik sendiri jangan yang kemasan, karena ada bahan kimia , bahkan pijat juga tidak dilarang untuk relaxasi dan meredakan nyeri.
Acara hari ini sangat bermanfaat sekali, kemudian acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab, ada salah satu peserta yang menanyakan: lebih baik membawa tas yang bagaimana yang tidak menyebabkan nyeri tulang belakang? dr yang sangat ramah dan murah senyum pun mengatakan: lebih baik ransel karena menopang di bahu kiri dan kanan, dan jangan membawa beban yang terlalu berat tentunya, bisa bungkuk juga kan, hari sudah semakin menjelang sore  di tutup dengan pembagian doorprize yang sangat menarik.

Bila ada kerabat atau teman yang membutuhkan pengobatan maupun terapi untuk mengatasi nyeri tulang belakang bisa menghubungi Rs Premier Jatinegara.
Rs Premier Jatinegara ini tidak asing lagi di mataku karena, waktu kakak ku di rawat saat DBD di sini juga, fasilitasnya lengkap, bersih sekali rumah sakitnya dan pelayanan nya pun ramah.
Rumah sakit ini juga mempunyai layanan kamar VIP di lantai 8, mama Ani dan 9 teman  tadi diajak oleh Mba Sarah   keliling Rs Premier Jatinegara ini, dan di lantai 3 ada tempat khusus penanganan jantung dan terapi nya.
Lokasi nya sangat strategis, terletak di Jakarta Timur dan tidak jauh dari terminal Kampung Melayu.

Doc. Pribadi

Sebuah rumah sakit swasta ini adalah rujukan pelayanan kesehatan bagi dokter dan masyarakat yang membutuhkan telah beroperasi sejak 25 maret 1989.
Selain ditangani oleh dokter yang handal Rs Premier Jatinegara ini dilengkapi fasilitas yang lengkap dan modern :
• Pelayanan 24 jam
• Fasilitas baru
• Infection Control
• Layanan khusus
• Medical Center
• Medical Checkup
• Rawat inap

Doc. Google

Untuk lebih jelasnya bisa menghubungi :
RS PREMIER JATINEGARA
Jl. Raya Jatinegara Timur 85-87
Jakarta 13310
Call centre : 1500908
IGD & Ambulans : 1500907
Business support : 021 2800888
Fax : 021 2800755
Email : 

Salam sehat selalu, jangan lupa selalu berolah raga dan pola hidup sehat itu sangat penting.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Junior Musical Wonderland The Chocolate Factory 2023

  Saatnya anak-anak kembali ke sekolah, seperti biasa mama Ani dengan rutinitas sehari-hari membuat bekal dan mengantarkan anak-anak ke se...