Sabtu, 18 Januari 2020

Menjadi Sahabat Bagi Semua Orang

Singing Glory Praise the Lord Haleluya, sukacita Natal masih terasa sampai detik ini, dan Puji Tuhan saya diundang teman saya ka Martha yang salah satu alumni SMAN 8 angkatan 91, untuk mengikuti acara kebaktian dan perayaan Natal Oikumene dari persekutuan doa El Shadai di SMAN 8 yang biasa disebut juga Smandel Jakarta Lintas Angkatan.


Kebaktian dimulai pukul 18:00, dimana
registrasi sudah dibuka dari pukul 17:00, ketika tiba di halaman gereja  disambut oleh bagian penerima tamu, kemudian saya mengisi daftar hadir lalu diberikan buku acara serta lilin natal, dan diberikan juga bingikisan natal, setelah itu saya dipersilahkan masuk dan duduk di bagian sebelah kiri.

Acara dibuka dengan saat teduh dimana MC dan WL menyalakan lilin ibadah, diikuti dengan umat yang bangkit berdiri. Perayaan natal Oikumene ini pertama kali diadakan dan diharapkan tetap terjalin kebersamaan antara para pendidik serta anak didiknya walaupun sudah menjadi alumni tentunya,  dan bermanfaat dengan menebarkan cinta kasih kepada sesama.
Kita merayakan anugerah Tuhan sang juru selamat manusia, kelahiran Sang Mesias Yesus Kristus Tuhan. Allah yang begitu mengasihi umat manusia, Ia bersedia datang bahkan menjadikan kita umat percaya sebagai SahabatNya. Haleluya Puji Tuhan, kasih Mu sungguh nyata dan sempurna.

Ibadah terus berjalan dengn khidmat, terasa sekali sukacita Natal dan kuasa Allah yang memberkati kita semua yang hadir di acara hari ini, sambil menyanyikan lagu Slamat Slamat Datang Yesus Tuhanku, Hai Dunia Gembiralah dan pembacaan  Kisah Natal diambil dari kitab Lukas (2: 1-7 dan 2: 8-20) serta lagu Muliakanlah.

Kesaksian yang sangat indah Pujian Lintas Angkatan "Hark The Herald Angel Sing dan My Heart In Bethelem, menjadikan kami anak anak Mu sangat bersukacita jurus selamat kami telah lahir kedunia dan membawakan damai serta menjadikan kami sahabatMu. 

Saatnya pemberitaan Firman Tuhan yang dibawakan oleh Pendeta Rudy Ariyanto S.Th,M.Min tentang :
1. Keselamatan bukan sesuatu yang otomatis dalam hidup ini, tetapi karena Anugerah Nya agar kita selamat dari maut dan tidak menjadi binasa.
2. Kasihilah sesama manusia seperti mengasihi dirimu sendiri, melalui kasih kita terhadap Allah dan kasih kepada sesama manusia. Serta memberikan pengampunan kepada sesama.
3. Kita diingatkan kembali untuk membaca Alkitab dan berdoa senantiasa setiap hari, bukan hanya seminggu sekali pesan diakhir penutup khotbah beliau hari ini.

Dilanjutkan Pesan Natal Pastor Thomas Alferd Dini, OFM.Cap
Segala sesuatu yang dilakukan secara bersama sama dan saling mendukung, sebagaimana sahabat yang selalu ada di segala situasi, dan seperti Yesus yang terlahir kedunia yang mau menjadi sahabat sejati bagi kita anak anakNya.


Acara dilanjutkan penyalaan lilin natal yang diiringi Pujian Malam Sunyi Senyap dibawakan Edy Saragih, didampingi oleh pendeta Neny Suprihartati M.Th, serta petugas lilin Natal dibantu oleh para wakil dari angkatan 1960 sampai 2018, wakil siswa Rokris dan Rokat, serta wakil dari  guru Kristen/Katholik.
Penyalaan Lilin menjadi simbol terang cahaya surgawi, membawa kedamaian serta sukacita.
Diiringi dengan Pujian Malam Kudus  para umat diundang untuk berdiri, lagu ini  sangat menyentuh dan menjadi lagu istimewa di hati kita semua sang juru selamat telah lahir ke dunia.

Sungguh sangat bergembira di malam hari ini, dan dikesempatan istimewa ini marilah kita menyatakan syukur atas berkat Tuhan yang melimpah dalam hidup kita, bukan hanya harta benda tetapi yang jauh lebih berharga dari semua itu keselamatan dan damai sejahtera pesan yang disampaikan oleh Pendeta Binsar Marpaung.

Dipengunjung acara kebaktian malam ini para hadirin bersama sama  menyanyikan lagu alam raya berkumandang, dilanjutkan  pengumpulan persembahan dan doa persembahan.

Seringkali kita mengabaikan orang lain dan hanya mementingkan diri sendiri, tanpa memperdulikan para teman maupun sahabat kita, doa safaat dipimpin pendeta Neny Suprihartati mendoakan   mendoakan teman dari salah satu alumni yang sedang berduka karena ayah tercinta di panggil pulang ke rumah Bapa di suga, berdoa juga untuk anak anak SMAN 8 agar menjadi  terang bangsa yang menjadi  pengikut Kristus yang taat dan setia, tak lupa berdoa untuk para Guru Guru yang telah berjasa dan perjuangan nya menjadikan anak anak muridnya berguna bagi sesama, persekutuan doa ElShadai agar terus bertumbuh dan menjadi berkat, rencana bakti sosial agar berjalan lancar dan menjadi berkat untuk banyak orang. amin.

Kebaktian ditutup dengan doa penutup dan doa berkat serta menyanyikan lagu Bapa Terima Kasih

Apakah acara sudah selesai? Belum dunk karena setelah ibadah ada acara lagi yang membuat para alumni bergembira, bersukacita dan terjalin komunikasi yang mungkin ada yang lost contact biaa dipertemukan kembali di acara istimewa ini, yaitu perayaan natal sekaligus ramah tamah bersama para alumni, rasa kangen, rasa ingin ngobrol lebih lama dengan teman teman semuanya. 
Sambil diberikan hidangan makan malam, danditemani dengan lagu lagu pujian yang sangat indah.

Siapa yang masih ingat dengan guru matematika? Ibu Rumanda? Ibu yang masih sehat dan aktif ini memberikan sedikit wejangannya.
Dan para alumni memberikan sedikit kenangan untuk para pahlawan tanda jasa ini. Senyum sukacita membuat suasana semakin hangat dan akrab, bapak dan ibu guru jasa mu tidak akan kami lupakan.
Diselingi dengan pembacaan doorprize dan games yang sanga menarik, jadi syarat nya adalah: semua angkatan harus membaur duduknya, wah seru banget.
Salah satu games nya adalah lagu bersambut, ini sangat sangat seru dan kompak sekali.

Hari sudah semakin malam, dilanjutkan pembacaan kembali  doorprize yang kedua dan memang benar  acara hari ini pastinya sangat berkesan dan sukses acaranya, semua karena campur tangan Allah dan kerja keras panitia dan para anggota nya. Puji Tuhan.





1 komentar:

Junior Musical Wonderland The Chocolate Factory 2023

  Saatnya anak-anak kembali ke sekolah, seperti biasa mama Ani dengan rutinitas sehari-hari membuat bekal dan mengantarkan anak-anak ke se...