Sabtu, 25 Juli 2020

Pemakaian Clody Popok Kain


Setiap terima gaji, mama Ani selalu membuat post post untuk pengeluaran rutin, pengeluaran darurat maupun pengeluaran yang hanya sesekali saja, karena memiliki balita, pastinya pengeluaran rutin itu adalah pembelian susu dan pospak (popok sekali pakai) dan akan menjadi post yang paling besar, di luar perlengkapan mandi.

Apalagi mama Ani mempunya anak kembar, di mana pengeluaran double dan diaminkan saja pendapatan maupun rejeki pasti double juga. 
Saat itu kembar berusia 6 bulan selepas ASI, mama juga memberikan tambahan makanan alias MPASI tentunya, dan mama Ani mulai terasa sekali untuk pembelian pospak yang sangat banyak ini.

Berbekal informasi dan review dari teman teman juga, akhirnya mama memutuskan untuk mencoba memakai Clody
Apa itu Clody? mungkin teman teman pasti sudah banyak yang familiar dengan clody ini, tapi pasti ada juga yang masih sangat awam, jadi clody ini adalah  popok yang bisa dicuci dan dipakai kembali.
 
Awalnya sempat ragu, apakah sempat untuk mencuci dan merawatnya, setelah berdiskusi dengan suami, mantaplah untuk mencobanya.
Awalnya mama haya beli 6, beli secara online di salah satu e-commerce, dengan kisaran harga 125.000/ pcs nya, motif nya sangat banyak dan lucu lucu, ternyata clody ini tidak bisa langsung dipakai tapi ada step step nya terlebih dahulu yaitu:

Pencucian pertama
1.       Cuci bersih dengan detergent, keluarkan juga lapisan dalamnya (iner)
2.       Langsung jemur , setelah kering, ulangi kembali prosesnya di langkah pertama sebanyak 3 kali.
 Hal ini berguna sekali agar kotoran maupun residu dari kain bisa hilang, agar kulit bayi maupun anak anak tidak ruam.

Clody ada dengan berbagai macam merk, ada yg lokal maupun dari luar negri. Bisa disesuaikan dengan budget para bunda juga yah, kalau  mama Ani beli yang lokal yang harganya lebih terjangkau.

Pemakaian dan Pencucian
Hari pertama pemakaian clody aman tanpa ruam, yang harus diperhatikan juga adalah: ganti clody 2 jam sekali, apabila dede buang air besar (bak) segera di cuci, buang kotorannya di closet lalu bunda bisa langsung kucek, pakai sabun baby boleh atau pakai detergent khusus  jug boleh, lalu kumpulkan dan ditutup.

Kalau mama akan cuci semua nya di mesin cuci sekalian dengan pakaian lain, agar awet mama juga beli kantong jaring seperti yang biasa untuk mencuci pakaian dalam, ini berguna agar clody awet, hal ini juga untuk menghindari clody terkena pakain lain semisal kancing celana jeans, yang bisa menyebabkan clody robek.

Clody awet
Apakah tidak bau pesing atau bau kotoran kalau dicampur dengan pakain lain? jawabannya tidak, seperti yang mama ceritakan di atas, kotoran maupun air seni dede telah dibersihkan terlebih dahulu
 Ngomong ngomog tentang awet, asalkan di rawat dengan baik, memang terbukti awet, dan bisa diwariskan untuk adiknya juga, makanya harus diperhatikan cara pencuciannya dan perawatanya.

Perawatan 1 -2 bulan sekali
Salah satu perawatannya lagi adalah, selalu mencuci ulang semua clody tanpa detergent dan dicuci dengan air khusus untuk bagian inernya, ini berguna agar residu detergent yang menempel di iner bisa bersih, salah satu manfaat nya agar kulit juga tidak ruam.

Menjemur Clody
pada saat menjemur clody juga harus diperhatikan, bagian motifnya ada di bagian dalam, agar motif tidak cepat bule terkena sinar matahari langsung. Kadang kala cuaca juga tidak selalu terik, apabila hujan terus menerus, jangan terlalu khawatir saat menjemur, bunda bisa jemur di dalam dan diangin anginkan, tetapi memang yang terbaik bila terkena sinar matahari, ini bila darurat saja yah bunda, ketika cuaca mendung terus dan hujan terus menerus.

Clody hemat
Dibilang hemat, yach memang benar sekali hematnya, walau sedikit repot, tapi kalau sudah terbiasa tidak akan terasa kerepotannya.
1 anak bisa memakai clody 6 pcs perhari * 3 ( untuk stock ketika di cuci) = 18 pcs, beli 2 lusin sudah cukup.
Jauh lebih hemat kan?

Bagaimana ketika malam hari? Kalau malam hari, Dede tetap memakai pospak, karena kalau malam biar bisa tidur tanpa gangguan harus gonta ganti clody.
Jadi tetap beli pospak? iya, untuk malam hari dan ketika bepergian saja

 Dan yang terpenting juga, kita turut mendukung pelestarian lingkungan karena mengurangi limbah dari pemakaian popok sekali pakai.

Tapi semua pilihan kembali lagi ke para bunda sekalian. Mana yang lebih nyaman, lebih baik buat si kecil tentunya.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Junior Musical Wonderland The Chocolate Factory 2023

  Saatnya anak-anak kembali ke sekolah, seperti biasa mama Ani dengan rutinitas sehari-hari membuat bekal dan mengantarkan anak-anak ke se...