Sabtu, 18 Juli 2020

Resep Nasi Goreng Kuning

Selamat hari minggu, tidak terasa sudah minggu lagi, niat nya pingin istirahat leyeh leyeh tapi itu hanya angan angan saja hahahha, ada yang senasib dengan saya? gak apa apa yach justru sangat bersyukur masih diberikan kesibukan dan kesehatan. Amin

Tadi pagi seperti biasa Mama Ani bangun pukul 6:00 pagi, minum air putih segelas dan langsung mandi, segar sekali pagi hari ini, cuaca juga cerah.

Sarapan apa yach? Kalau Ibu-ibu masak apa neh biasanya untuk sarapan? atau beli apa? buat inspirasi langsung aja Mama buka kulkas ada bahan apa saja, akhirnya Mama memutuskan masak nasi goreng, tapi agak bosen kalau nasi goreng biasa.

Ogh iya sudah lama tidak buat nasi goreng kuning alias nasi goreng yang pakai kunyit, agar rasanya semakin khas Mama mau pakai sedikit kencur.

Ibu ibu tau manfaat kunyit ? Kita bahas sedikit yach buat menambah pengetahuan kita juga,
Tumbuhan rimpang berwarna kuning ini banyak kita dapatkan di pasar tradisional maupun di pasar modern, bahkan ada juga yang menanam sendiri, karen tergolong tanaman obat yang mudah tumbuh dan berkembang.

Kunyit sering dipakai sebagai pewarna alami, dan bisa djadikan minuman yang nikmat, oba
herbal bahkan di export ke manca negara.

Kunyit diyakini bisa menyembuhkan berbagai penyakit seperti radang sendi, mencegah penyakit jantung, mencegah kanker, membantu mengendalikan diabetes, mencegah alzheimer, mengobati depresi, meningkatkan kesehatan kulit, mengencerkan darah, mengurangi resiko alergi dan asma, mendetoksifikasi hati, mengurangi

Untuk lebih jelasnya Ibu ibu bisa baca lagi di
https://m.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20190830135405-255-426148/manfaat-kunyit-untuk-kesehatan-dan-obat-berbagai-penyakit

Mari kita mulai masak memasaknya resep ini, mudah banget buatnya dan isian nya bisa disesuaikan dengan kesukaan  masing masing, kalau ada uang juga semakin enak, bebas saja.


Resep Nasi Goreng Kuning:
2 - 3 piring nasi dingin
2 butir telur
5 butir baso sapi

Bumbu halus
3 siung bawang merah
3 siung bawang putih
3 buah cabe keriting
1 ruas kunyit
1/2 ruas kencur
Kecap asin secukupnya
Garam, lada dan penyedap jamur ( optional)

Bahan taburan:
1 sdm teri goreng
1 sdm bawang goreng
Kerupuk

Cara membuatnya :
Tumis bumbu halus hingga wangi dan benar benar matang, karena salah satu rahasia masakan enak yaitu berani bumbu dan matang sempurna.

Kemudian masukan telur yang sudah diorak arik dan baso yang telah diiris iris, kemudian masukan nasi, aduk rata, api nya sedang saja yach ibu ibu, beri kecap asin, garam, lada dan penyedap jamur, kalau tidak ada boleh pakai penyedap biasa, takarannya disesuaikan dengan selera saja.

Boleh diberikan sedikit kecap manis bila suka, jangan lupa icip icip terlebih dahulu, kalau sudah enak langsung pindahkan ke piring saji, beri taburan ikan teri goreng + bawang goreng dan kerupuk.

Nasi goreng kuning

Nasi goreng kuning siap disantap, karena ini belum ada sayurannya, boleh banget diberikan irisan ketimun maupun tomat atau kalau ada acar juga semakin nikmat.

Siap disantap nasi goreng kuning

Kalau saya makan selalu ada kerupuknya, kalau Ibu ibu gimana? selalu stock kerupuk juga?
Apalagi anak anak, liat toples kerupuk langsung mau dan ajaibnya makan jadi semakin lahap.
Makanya saya lebih suka goreng kerupuk sendiri, agar minyaknya lebih bersih.

Selamat makan Ibu Ibu, yuks buat sarapan buat keluarga tercinta agar tetap sehat, semangat dan bahagia. Amin


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Junior Musical Wonderland The Chocolate Factory 2023

  Saatnya anak-anak kembali ke sekolah, seperti biasa mama Ani dengan rutinitas sehari-hari membuat bekal dan mengantarkan anak-anak ke se...